Translate

sumber :workshop kurikulum 2013 pada tanggal 23/12/2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan    : SMP
Kelas                          : VII /VIII/IV
Semester                    : Ganjil /Genap
Mata Pelajaran           : Seni Budaya ( Rupa, Musik, Tari, Teater)
Alokasi Waktu           : 2x 40 menit x (4 pertemuan)


A.  KOMPETENSI INTI
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori


B.  KOMPETENSI DASAR
1.1.  Menerima, menanggapi dan menghargai  keragaman  dan keunikan karya seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap  anugerah Tuhan
2.1   Menunjukkan sikap  menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian 
2.2   Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, dan santun  terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
2.3   Menunjukkan sikap  percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1. / 3.2. / 3.3. / 3.4.
4.1. / 4.2. / 4.3. / 4.4.


C.  INDIKATOR PEMBELAJARAN
1.      Mengeksplorasi (observasi, bertanya) tentang……
2.      Merencanakan (asosiasi) tentang…..
3.      Membuat (eksperimenting atau mencoba)tentang ……..
4.      Mempublikasi (networkingatau membuat jejaring) tentang ………….

D.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari pokok bahasan ini perserta didik diharapkan mampu :
1.      Secara aktif melakukan eksplorasi (observasi, bertanya) tentang……
2.      Secara berkelompok membuat rencana (asosiasi) tentang…..
3.      Membuat karya berdasarkan rencana (eksperimenting atau mencoba)tentang ……..
4.      Melakukan publikasi hasil karya (networking/membuat jejaring) tentang ………….



E.  SKENARIO (LANGKAH-LANGKAH) PEMBELAJARAN

KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Kegiatan Awal
Kegiatan awal pembelajara guru dapat melakukan aktivitas berikut:
1.      Guru membuka pembelajaran seni budaya.
2.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran tentang ………….
3.      Guru melakukan apersepsi dan memotivasi para siswa mempelajari tentang…...
10  MENIT
Kegiatan inti

Pertemuan 1
1.      Pembagian kelompok siswa…...
2.      Pembagian tugas masing-masing anggota kelompok…
3.      Menentukan cara kerja setiap tim/kelompok siswa…
4.      Menentukan waktu penyelesaian tugas eksplorasi tentang…..
5.      Guru mendampingi dan memposisikan sebagai mentor untuk setiap kelompok dalam mengekslorasi sumber belajar tentang…..





60  menit



Pertemuan 2
1.      Guru memberi penguatan untuk memanfaatkan hasil eksplorasi untuk merancang karya…..
2.      Masing-asing kelompok siswa mendiskusikan hasil eksplorasi untuk bahan rancangan karya…...
3.      Memilih dan menentukan satu karya yang akan dirancang….
4.      Membuat sketsa/disian/rancangan karya hasil keseakatan kelompok ditentukan…
5.      Guru mendampingi dan memposisikan diri sebagai  mentor untuk setiap kelompoksiswa dalam proses belajar merancang karyanya sendiri.


60  menit




Pertemuan 3

1.      Guru memberi penguatan pembeljaran agar rancangan karya yang dibuat minggu terdahulu untuk wujud karya…..
2.      Masing-masing kelompok siswa menyiapkan bahan dan alat berkarya oleh setiap kelompok…...
3.      Masing-masing individu berperan di kelompok masing masing dalam membuat karya….
4.      Bersama-sama menyelesaikan karya atau melaksanakan finishing…
5.      Guru mendampingi dan memposisikan diri sebagai  mentor di setiap kelompok dalam membuat karya.


60  menit









Pertemuan 4
1.      Guru memberi penguatan agar hasil karya yang sudah dihasikan segera dipublikasikan…..
2.      Masing-masing kelompok mendiskusikan tentang media, cara dan tempat untuk mempublikasi karya yang telah dibuatnya…...
3.      Masing-masing individu mencari informasi tentang jejaring (mengundang) termasuk mengundang siswa  kelas lain atau sekolah lain untuk hadir dalam publikasi karya mereka….
4.      Masing-masing berbagi tugas untuk kesuksesan dalam mempublikasikan karya yang telah dibuat.
5.      Guru mendampingi para siswa yangkesulitan dan menjadi mentor yang baik di setiap kelompok dalam publikasi karya.


60  menit

Kegiatan Penutup

1.      Melaksanakan evaluasi beajar ( dengan kinerrja, portofolio,  projek dan test tertulis)
2.      Melaksanakantindak lanjut.

10 menit


F.   MATERI PEMBELAJARAN
Materi pembelajaran berkenaan dengan penjelasan tentang:
1.      Cara-cara mengeksplorasi (Observasi, bertanya) tentang……
2.      Cara-cara merencanakan (asosiasi) tentang…..
3.      Cara-cara membuat (eksperimenting atau mencoba)tentang ……..
4.      Cara-cara mempublikasikan (networking/membuat jejaring) tentang ………….


  1. PENDEKATAN DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.      Pendekatan : Pendekatan Scientific
2.      Model Pembelajaran : Model pembelajaranbased projek, based problem dan based inovasi.

  1. EVALUASI PEMBELAJARAN
1.      Penililaian kinerja siswa (aktivitas)
2.      Penilaian hasil projek (hasil karya)
3.      Penilian fortopolio (sikap apresiasi)
4.      Penilaian tes tertulis (laporan)


I.       ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.      Alat dan bahan      : 
2.      Sumber belajar      : 1. Buku siswa Seni budaya kur, 2013; 2 Internet; 3; media masa; pameran dan pagelaran; lingkungan setempat, dll











Lampiran-1

MATERI PEMBELAJARAN




A.    Cara-cara mengeksplorasi (Observasi, bertanya) tentang……


B.     Cara-cara merencanakan (asosiasi) tentang…..


C.     Cara-cara membuat (eksperimenting atau mencoba) tentang ……..


D.    Cara-cara mempublikasikan (networking/ jejaring) tentang ………….








































Lampiran-2a

LEMBAR PENILAIAN

Nama                           : Amir Sarifudin
NIS                             : 1314007
Kelas                           :  VII    X
Pokok Bahasan              :……………………

Petunjuk Penilaian Keterampilan:
Berilah tanda (V) pada kolom yang sesuai

No.
Indikator Penilaian

A
B
C
D
86-100
76- 85
66 -75 
56-65
1
Membuat desain ragam hias





2
Mengaplikasikan desain dalam karya  ragam hias setangah jadi





3
Memfinishing karya ragam hias





4
Keindahan karya




5
Kreativitas karya







Total Nilai /10































Lampiran-2b

LEMBAR RUBRIK

Nama              : Amir Sarifudin
NIS                 : 1314007
Kelas               :  VII x
Petunjuk :
Berilah tanda (V) pada kolom yang sesuai!

No.
Indikator Pengamatan
Ya
Tidak
1
Jujur dalam berkarya



2
Bertanggung jawab penyelesaian projek



3
Peduli dalam memecahkan masalah



4
Percaya diri dalam mempublikasikan hasil karya








































Lampiran-2c

LEMBAR PENGAMATAN SIKAP

No
Nama
Prilaku Yang  Diamati alam Pembelajaran


Menghargai orang lain
Disiplin
Aktivitas
Komunikasi
Tanggung jawab
1.
Juned





2.
Cuplis





3.
Markonah





4
Markuah





 5.
Amir Saripudin






Dll.






Keterangan  : Skala tentang nilai 1 s/d 5
1 sangat kurang , 2 kurang , 3 cukup , 4 baik , 5 amat baik
lanjutan post sebelumnya

Infinitive
Preterite
Past participle
arti
Be(am,are,is)
Was,were
Been
Akan,ada
Bear
Bare,bore
Borne,born
Memikul, menderita,lahir
Beat
Beat
Beaten
memukul
Become
Became
Become
Menjadi
Befall
Befell
Befallen
Menimpa
Beget
Begot,begat
Begotten
Melahirkan
Begin
Began
Begun
Mulai
Behold
Beheld
Beheld
Melihat
Bend
Bent,bended
Bent bended
Membengkokan
bereave
Bereaved,bereft
Bereaved,berft
Merampas.


okay.....

hari ini yuk kita belajar bahasa inggris soalnya bahasa inggris itu penting banget .............

saya belajar kalian juga belajar......
jadi sama-sama belajar ..........
okay, hari ini diabsen dulu yah *lupa ini bukan kelas .

sebelum belajar baiknya berdoa dulu sesuai dengan ajaran agama masing2x berdoa dimulai.......

udah pada siap......
*sambil nulis  posting.........
sekarang kita akan belajar tentang irregular verbs  nah disini kita memakai sumber kamus indonesia-inggris inggris-indonesia............
dimulai dari huruf a-b

  hari ini segini dulu untuk dihafalkan bersama next post  tambah 10 kata lagi

Infinitive
Preterite
Past participle
arti
Abide
Abode,abided
Abode,abided
Berdiam
Arise
Arose
Arisen
Terbit
Awake
Awoke
Awaked,awoke
Bangun
Backbite
Backbit
Backslibitten
Mengumpat
backslide
Backslid
Backslid,Backslidden
Murtad lagi
today i will write about luxury lipgloss i got free because attending event ysl.


i got ysl golden gloss-10(golden peony)

ysl golden gloss:

source picture

packaging:

love it, nice design very luxury :)....
i like scent.

swatch on hand:

swatch on my lips:



it is matched?
yes, sometimes if I used lip gloss my lips felt an itch however I used golden gloss not felt itchy.
where to buy?
Ysl counter.
price: 30$ repurchase: no................



malam .....
besok udah senin lagi =_=, iya rada bete kembali ke aktifitas sehari-hari  kena macet, ketemu orang yang rese  ketemu tugas yang bikin pusing  dan lain lain.

oh iya balik ke topik  semula  hari ini  saya posting ini  review blush on dari brand makeup yang terkenal murah dan kualitasnya bagus yaps.......viva....
okay  mulai yuk.
harga: 4950-5000 rupiah


kemasan: mungil gampang dibawa kemana aja, lumayan jadul juga .

swatch ke tangan:


foto menggunakan blist kamera:
ga  pake blist:




warnanya pigment banget.

coba ke pipi



tapi yang paling saya tidak suka dari produk ini baunya bikin mabok =_=,,,,,,,

repucharse: maybe

where to buy: konter viva, website viva

disclaimer:with own money

Postingan Populer

sobat-sobat

like me