Hari ini saya mau menulis catatan yang harus saya beli untuk dipakai. Soalnya saya harus tahu mana. Kalau makeup jujur saya jarang beli makeup setahun paling sering 6x kalau haircare saya paling cepet habis soalnya dipakai rambut saya tebel dan dipakai oleh 3 orang.

1.  Skin care
Facial foam paling cepet habis 2   bulan kalau belinya ukuran 50 ml pernah beli 100 ml yang nivea itu saya dapet bulan oktober cuman baru dipakai bulan november sampai sekarang belum abis mungkin bulan ini udah habis.
Biasanya saya beli yang wardah facial wash yang lightening series, saya pakai ini udah dari kayaknya 2012 -2018 akhir kalau sekarang nivea kalau nivea udah habis dipikirkan lagi.
-Fokus kulit: dry skin, mencerahkan(biar bekas jerawat rada mudar), melembabkan, murah.

Day cream-Night cream -serum
Day Cream-Night cream dulu hampir 2 tahun dari 2015 akhir sampai 2017 awal saya ganti menggunakan oil. sedangkan 2017 saya nebeng skincarenya punya mama yang ada lightening kadang lupa gtu pake skincare sampai 2018 pertengahan saya pakai skincare lagi soalnya mukanya beruntusan parah dan ada bekas hitam gatal dikulit kena sinar matahari pakai cream gamat untuk pagi dan malam lalu pakai wardah lightening series dan  paling sunblok soalnya pemasukan saya bulan 2016-2017 sedikit jadi saya harus ngirit dan kalau beli skin care abis. Pada tahun 2018 saya pakai oil yaitu vco dan cream gamat abisnya lama juga dan tetep kalau keluar rumah pakai sunblok pertengah  bulan juli punya uang jadi saya beli skincare lagi.
Ikutan beauty class dapetnya day cream 2 kali jadi saya nyetok 2 day cream dan masih ada sampai sekarang. Kalau night cream tadinya beli ternyata ga cocok dan dikasih sepupu saya udah hampir habis dan beli diteman yang hadalabo 3d gel nah. Sepertinya saya butuh serum/ampoule atau essence saya beli bulan oktober yang safi belum habis
Fokus kulit: Meratakan warna kulit, mengecangkan kulit,pigmentasi, wrinkle , aging dan murah.

sunblok
ini penting banget soalnya pernah saya ga pakai sunblok tengah hari alias siang jadi kebakaran matahari dan iritasi. jadi semenjak saat itu saya berusaha membiasakan diri kalau keluar rumah pakai sunblok atau sunscreen.
Fokus belanja: Cari merek yang udah cocok aja, murah dan gampang ditemukan disupermarket terdekat.

Micellar water
Saya baru pakai ini akhir tahun 2018 dan semenjak ngebersihin mukanya double cleansing jadi muka lebih bersih dan kalau males pakai skincare malam tinggal bersihin muka terus saya tidur. Paling cepat habis sebulan paling lama 3 bulan.
Fokus belanja: Yang paling murah di rak supermarket.

toner
baru tahun ini saya beli toner habis sebulan paling lama 2 bulan
fokus belanja:dry skin, murah, diskon.

mask
kadang bikin sendiri kadang beli.
Fokus belanja: Aging, Dryskin, Diskon,buy one get one dan murah.

Bodycare:
Sabun, bodyscrub, lotiion. Ketimbang wajah saya kalau mau jujur jarang rawat badan kayak ce-ce pada umumnya kayak ke salon spa gtu hampir ga pernah ke spa soalnya saya sobat bakhil jadi yah gtu deh. Lotion jarang dipakai jadi kadang habisnya itu paling cepet 3 bulan paling lama 6 bulan. kalau sabun cepat karena setiap hari pakai. Scrub habisnya paling cepat 2 bulan paling lama 6 bulan.
Fokus belanja: Lotion yang murah, bodyscrub yang paling murah, mencerahkan, sabun: antiseptik, dryskin, mencerahkan dan murah. Terkadang saya juga beli slimming gel. cari yang diskon

Pembalut wanita: Biasanya pakai yang night atau yang wing.
fokus belanja : merek yang biasa saya beli.
Hair care
shampoo, Kondisioner(jarang)
Fokus belanja: Rontok, ketombe, paling murah di rak, diskon.

Makeup : sejujurnya saya jarang beli makeup soalnya habisnya lama kadang sampai kadarluarsa trus buang paling belanja makeup dalam setahun  bisa dihitung sama jari.

gtu deh. saya ga belanja rutin semuanya tiap bulan tapi liat kalau dari deretan ini habis yah saya beli cuman yah gtu.