Tampilkan postingan dengan label seni terapan. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label seni terapan. Tampilkan semua postingan

gamelan

Posted by sucijewels at 11.11 0 comments Links to this post
Rebana sunan kalijaga's heritage



me got capture 2008 At keraton Cirebon part collection of museum ,keraton cirebon beside gamelan they kept rebana as their collection.
Gamelan it is Indonesian Music Instrument . Different area has different gamelan like sundanesse gamelan and javanesse is different  and same all gamelan have gong.


indonesian have  a lot off  music instrument like gamelan but why most of us prefer proud listening and learning western instrument?

and what happen in here? but me very amazed if young generation or musician want introduce gamelan to world.

back to topic gamelan.

arches gamelan mostly in java, madura, lombok, and bali.
in those foto is type sundanesse gamelan and called gamelan degung.

Gamelan including applied art  because useful for entertain.
so keep and preserve our culture before our culture claim with other country

batik motif cirebon

Posted by sucijewels at 13.39 0 comments


motif cirebon batik look colour very beautifull.

ini adalah jenis jenis motif motif corak batik khas cirebon yang sangat khas poto ini diambil pada tahun 2008 ketika saya menjadi mahasiswa senirupa upi . di toko khusus batik cirebon. motifnya cantik dan indah . teman saya membeli saya tidak karena membawa uang hanya sedikit

souvenir's haul kampung naga

Posted by sucijewels at 11.18 0 comments


1. wind instrument sound like bird, bracelets and wallets.
 2.bailer from coconut shell
 3. variant souvenir....
 4.pestle and mortar
 5.spoon
 6.acsesories

7.matt
8.Angklung
9.suling


10. souvenir & gift store

Honestly, I haven't bought anything, but my mother bought four mats. I took pictures with my digital camera.
then the natives only appear, then whisper strange people don't buy anything. I when not carrying cash.
but I recommend you buy their mats. as a result of the uniqueness of the dragon village.

paksinagaliman

Posted by sucijewels at 22.23 0 comments


waktu saya berkunjung ke keratoon cirebon, disitu kan ada kereta kencana itu modelnya paling wow yang pernah saya temui.

sayangnya ini yang pake itu raja atau keluarga raja aja masyarakat biasa tidak bisa memakainya..

saat ini kereta ini di hanya dijadikan sebagai koleksi saja sedangkan yang dipakai perayaan tiruan  soalnya kalau yang asli itu kan sudah beratus tahun mungkin karena menjaga agar awet jadi untuk koleksi saja.

sedangkan jika untuk transportasi sang raja sepertinya raja lebih memilih mobil mewah ketimbang keretakencana  yah nama juga perubahan jaman.

paksinagaliman jika dilihat dari design mengadaptasi dari hewan naga, gajah dan garuda.



penasaran ingin melihat aslinya kalian bisa datang kedaerah museum keraton kanoman cirebon


angklung

Posted by sucijewels at 07.37 0 comments
kalau orang bandung ga tahu angklung itu namanya kebangetan ga gaul. kalau orang luar bandung sih  harap  maklum.
kalau kata saya sih alat musik tradisional sunda yang terbuat dari bambu yang di mainkan dengan cara di goyang-goyang.

Jika anda berada di Bandung dan ingin mengunjungi Bandung cobalah mengunjungi Saung mang udjo maybe heaven nya para penggemar angklung.

Pesan dari saya Lestarikan budaya negeri sebelum di curi negara lain.

penumbuk padi

Posted by sucijewels at 14.48 0 comments Links to this post
di kampung naga  warga masih menggunakan alat ini untuk menumbuk batu.biasanya para ibu menumbuk padi  yang diolah menjadi beras.
apakah ini termasuk seni terapan? ya karena berfungsi sebagai benda pakai.
fungsinya adalah individu untuk memenuhi kebutuhan pangan.


kebutuhan pangan yaitu yang dimaksud untuk mengolah padi menjadi beras di bagian kotaknya dengan tumbukan kayu yang sangat panjang dan lalu diayak dengan benda bernama nyiru semacam piring besar yang terbuat dari anyaman.

sedangkan bulatan berfungsi untuk membuat terigu dengan cara ditumbuk.

masihkah masyarakat indonesia memakai penumbuk padi? yang saya tahu walaupun di daerah desa pun saat ini mengolah padi menjadi beras menggunakan  mesin diesel.

saat ini mungkin hanya kampung naga saja yang masih menggunakan tradisi ini. atau ada juga kampung-kampunglainnya *maaf jika keliru.

tandu sang putri

Posted by sucijewels at 20.09 0 comments


tandu ini bukan sembarang tandu tidak semua orang bisa menggunakannya hanya kalangan putri-putra keraton .
transportasi ini menggunakan tenaga manusia biasanya ada manusia lagi yang menandunya.
tandu tersebut termasuk koleksi musem keraton kasepuhan cirebon.

tapi  karena jaman ini tidak digunakan untuk mengantar putri maka tandu ini hanya sebagai koleksi museum saja ya iyalah jaman sekarang sang putri lebih suka pakai mobil mewah.

kebayang jaman dulu putri atau pangeran keraton kemana mana naik ini terus bosen ketiduran .
sekarang pangeran  sama putri sukanya mobil mewah atau motor mattic atau motor.

tapi masalah bbm *bahan bakar minyak lumayan mahal  untul mobil dan motor kalau tandu bbm bahan bakar manusia nya yang mahal.

kendi

Posted by sucijewels at 12.37 0 comments Links to this post
gerabah adalah perkakas yang dijadikan sebagai alat rumah tangga melalui proses pembentukan dan dibakar.
kendi  adalah salah satu gerabah

bahan yang digunakan untuk membuat kendi menggunakan tanah liat berwarna merah atau earthware.

proses membuat gerabah.
pun sangat panjang dan memerlukan kesabaran tinggi.

difoto ini tidak ada teknik pengglasiran hanya dibakar agar oksigen dapat masuk melalui pori-pori.




fungsinya sama dengan poci yaitu sebagai menyimpan air minum.


jika kalian ingin membuat obat herbal sebaiknya dalam proses pembuatan gunakan hal kendi.


iya kayak teko atau gimana buat nyimpen air dan aku paling suka air putih yang disimpan dalam kendi seger banget  berasa minum kemasan yang harganya mahal itu brand equil.

tapi kadang suka bete juga soalnya aku pernah minum dikendi didiemin berapa hari udah ada jentik jentik nyamuk dong -_- preeeeeet ah. jadi minum disini harus satu hari habis kayaknya.





 

Sucijewels Copyright © 2012 Design by Junaid Ahmed TechOpti