1.rasa seni
pelukis harus memiliki rasa seni yang tinggi dan selalu meatihnya walaupun pada mulanya pelukis itu sudah terlatih memiliki rasa seni yang tinggi, akan tetapi kalau lama tidak berlatih rasa seninya akan berkurang, menjadi tumpul.

note: saya sering mengalami sekian lama tidak melukis, maka ketika melukis lagi membuat tangan saya jadi kaki dan lukisan yang dihasilkan terlihat sangat kasar.

2. kemauan keras
kemauan keras ini merupakan modal utama. tidak boleh putus asa artinya karena kesal, lukisannya tidak dilanjutkan ganti lukisan dengan objek lain. perlu diingat pada waktu memulai sesuatu harus diyakini bahwa lukisan itu nantinya harus jadi.

note: saya sering putus asa karena lukisan tidak sesuai dengan keinginan oleh karena itu dibutuhkan untuk kemauan keras menurutku ini saran yang penting ketika kita memulai melukis.

3. daya ingat yang kuat
secara umum yang harus selalu diingat adalah perpektif,penguasaan bentuk, komposisi, letak,komposisi warna maupun pencahayaan-pencahayaan.

4.berlatih dan terus berlatih
hal inilah yang pentingnya bagi pelukis agar banyak melakukan latihan. agar tangan bisa terlatih untuk bekerja sesuai dengan perintah kendali otak.

note: jadi harus banyak latihan dan latihan agar lukisan semakin baik.

sumber:
buku mari melukis
sriwasto
penerbit:elex media komputindo
tahun penerbit:2010
kota: jakarta
halaman:29-33