Hai liburan  tinggal beberapa hari lagi tentunya , tentunya bagi guru atau siswa siswa yang menikmati nya juga moment ini sangat ada yang wisata ada yang diem dirumah semua pilihan masing masing menjadi lebih beragam.

Apalagi terkadang libur juga menjadi ajang evaluasi atau persiapan mengajar untuk tahun yang baru semester depan nyiapin rpp dan kawan kawan .  Sambil mempersiapkan tahun ajaran baru aku mau membagi informasi tentang blogger dari Surabaya dapat hadiah local guide google yaitu nurul rahma , di blog tersebut beliau membagi informasi tentang kuliner dan lifestyle situs selain itu tertarik diundang ke amerika dan diundang google kalian bisa mengeklik situ link ini tips traveling

Balik lagi ke topic pembicaraan sebelumnya tentang persiapan menyiapkan semester baru. Tepatnya semester gaji sekolah sudah membuka kursi untuk para siswa tahun ini semua sekolah di Jawabarat tentunya akan memilih siswa menurut jalur zonasi maupun prestasi  namanya ppdb. Semester awal yang ditunggu tunggu oleh para guru dan siswa tentunya. Jadi sekolah walaupun sedang liburan tetapi masih beroperasi. Selain itu sebelum hari masuk sekolah tentunya semua guru wajib mengikuti yang namanya workshop atau in house training. Workshop ini dilakukan beberapa hari tentunya mengundang tokoh yang kompeten dalam bidang pendidikan dan kurikulum. Kurikulum sebelumnya dan mendatang besar kemungkinan akan berbeda jadi sekolah mengadakan workshop agar guru dapat menyampaikan materi dengan baik. Kurikulum yang akan dipakai adalah merdeka. aku sendiri sejujurnya masih belum paham akan kurikulum tersebut jadi belum berani untuk menjabarkan apa itu kurikulum merdeka akan tetapi aku akan menyiapkan mental untuk menghadapi siswa yang baru karena harus bertemu dengan anak anak yang berbeda dari tahun kemarin karena sudah naik kelas . Harus menyiapkan mental karena mendidik bukan hanya perihal materi juga mendidik adalah bagaimana kita bisa menjadi panutan yang baik untuk murid. Selain itu kita harus membimbing anak mencapai nilai dan kemampuan dibidang akademik untuk mencapai nilai  kompetensi.

1.       Persiapan brekas

Sebelum memulai pengajaran tentunya banyak sekali yang harus di rencanakan oleh seorang guru . yang pertama membuat rpp yaitu semacam rancangan rancangan detail tentang materi yang akan di ajar. Lalu promes dan prota yaitu rencana yang akan dilakuan selama semester . Agenda dan juga kalender untuk menghitung jam yang efisien untuk kegiatan belajar dan mengajar.  Di kurikulum baru tentunya rppnya belum tentu sama dengan yang sebelumnya makanya workshop. Baik kalau murid ini persiapan berkas untuk siswa contoh dari smp ke sma pasti ada berkas berkas yang harus disiapkan sebagai syarat untuk menjadi siswa sman.

2.       Persiapan mental

Liburan kali ini lumayan lebih panjang sekitar tiga mingguan agar para siswa dan guru lebih siap untuk menghadapi tantangan di semester baru ini. Kalau anak kelas satu pengenalan lingkungan sekolah , temen temen dan juga guru guru. Jenjang memasuki tahap menjadi remaja sesungguhnya kadang guru gurupun harus menyiapkan mental karena menghadapi manusia yang berbeda tentunya karakter , latar belakang yang berbeda sehingga kita harus menyiapkan mental agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan .  Healing penting untuk guru dan murid ,agar otak kembali siap untuk menerima pelajaran baru . karena kalau guru atau muridnya mumet susah masuknya pelajaran .  Dalam hal ini orang tua yang dirumah pun berperan untuk menyiapkan mental para siswa untuk menghadapi semester baru.

3.       Persiapan lingkungan

Guru guru yang sudah pension akan digantikan oleh yang baru dan guru dinegeri maksudnya yang lulus pppk sudah masuk ke sekolah diharapkan dapat adaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru rekan kerja yang baru dan juga menghadapi suasana bekerja yang baru. Kalau untuk siswa apalagi siswa kelas satu mengenal lingkungan baru harus dapat menyesuaikan dengan sekolah belajar tata tertib sekolah, berkenalan dengan teman teman baru dan juga berkenalan dengan guru guru yang akan mengajar selama satu tahun, oleh karena itu sebelum kbm berjalan para siswa baru atau siswa kelas satu mengikuti masa orientasi siswa. Sebagai pengenalan dan proses adaptasi terhadap lingkungan sekolah.