SUMber gambar : Pinterest

sakit hati kalau kita di bully, kena nyinyir dan mendapat kata kata yang ga enak dikuping percayalah bahwa saya juga sering mendapatkan omongan negatif sejak saya berumur masih kecil ingin rasanya membalas cercaan itu semua waktu sd- sma biasanya sih saya balas sekarang pun saya ingin membalas kepada orang orang yang mencelaa tetapi saya berusaha untuk berdamai dengan kenyataan karena memaafkan lebih indah daripada mempunya dendam kan.

saya pernah menyimpan quote dan hadist adal yang nyamnbung dari pernyataan diatas.

riwayat Hr abu daud & At Tirmizi mengatakan  bahwa

dan bila  ada seseorang memaki dan mencela kamu dengan apa yang ia ketahui tentang dirimu artinya kalau ada orang yang mencela dengan kekurangan kamu yang sebenarnya. Maka janganlah kamu mencela dengan apa yang kamu ketahui tentang dirinya artinya celaan yang kita terima jangan dibalas walaupun kita tahu kelemahan orang yang mencela kita. karena sesungguhnya akibat dari caci-maki itu akan kembali padanya  artinya semua omongan buruk yang kita terima kembali kepada orang yang menghina.

sabar adalah kunci dari menghadapi celaan dan makian orang lain terus memperbaiki diri semakin baik , walaupun kita bukan 100% orang baik tapi dengan tahapan tidak mengubris celaan dan makian orang lain itu dapat melatih mental kita agar lebih kuat bagi yang suka mencela sebaiknya hentikan karena keburukan mencela dan memaki orang lain akan kembali ke orang yang suka mencela.