Komunikasi non verbal
source gambar:https://www.kajianpustaka.com/2015/08/komunikasi-nonverbal.html

Komunikasi yang berlangsung bukan hanya mengenai lisan, melainkan juga dalam bentuk non verbal. Ketahui cara untuk meningkatkan komunikasi non verbal.Dalam sehari-hari, komunikasi menjadi hal yang sangat penting. Komunikasi non verbal juga berperan dalam melakukan komunikasi menjadi lebih baik. Karena, jika komunikasi dilakukan secara lisan saja tentu terkesan monoton. Disinilah, peran dari komunikasi yang non verbal sebagai pelengkap. Mungkin, banyak dari anda yang belum memahami komunikasi ini.
Faktanya, jika anda berkomunikasi memang sangat membutuhkan pemahaman. Bagaimana jika hanya dilakukan secara lisan saja? Terkesan kaku dan informasi yang diberikan juga terkadang tidak jelas. Untuk itu, dalam melakukan hal ini dibutuhkan gerakan tubuh tertentu. Sebagai ekspresi terhadap komunikasi yang sedang dijalin. Nah, untuk anda yang belum bisa berkomunikasi secara komunikasi non verbal maka tidak perlu bingung. Ketahui cara meningkatkan komunikasi non verbal pada artikel ini.

Beberapa Cara Meningkatkan Komunikasi Non Verbal

Banyak cara yang bisa digunakan untuk dapat berkomunikasi secara non verbal. Berikut beberapa caranya:

Memperbaiki Penampilan

Apakah anda selama ini sudah tampil dengan maksimal? Ternyata, penampilan yang maksimal juga penting! Karena, akan sangat membantu untuk lebih percaya diri Terlebih, anda juga menjadi lebih berani dalam berkomunikasi dengan lingkungan sekitar. Mungkin, banyak dari anda yang masih belum memaksimalkan penampilan.
Untuk itu,cobalah agar bisa memperbaiki penampilan dengan lebih baik lagi. Terutama, saat pertama kali memulai aktivitas. Mulailah dengan penampilan terbaik anda. Seperti menggunakan pakaian yang berkualitas dan percayalah bahwa penampilan anda sudah maksimal. Dijamin, hal ini akan sangat menunjang komunikasi anda berjalan lebih baik.

Perhatikan Lingkungan Sekitar

Tentunya, untuk memulai komunikasi non verbal memang tidak mudah. Melainkan, harus melakukan beberapa hal. Salah satunya dengan memperhatikan lingkungan sekitar. Mengapa demikian? Karena, banyak orang yang tentunya melakukan komunikasi secara lisan dan non verbal. Jadi, anda bisa mempelajarinya dari lingkungan.
Karena, langkah ini memang yang paling mudah untuk anda ikuti. Bisa dipelajari dan dilakukan kapanpun selama memang tidak mengganggu. Setelah itu, cobalah untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat agar bisa mengimplementasikan komunikasi non verbal tersebut. Jika dilakukan dengan benar, tentu akan meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi.

Jangan Panik

Salah satu masalah yang hampir terjadi pada banyak orang yaitu kepanikan. Dimana, kepanikan memang bisa membuat orang merasa bingung. Justru, hal inilah yang memang seharusnya dihindari. Mulailah dengan percaya diri dan tidak panik dalam segala kondisi.
Seperti, saat melakukan aktivitas sehari-hari maka jangan panik. Selalu percaya diri dan cobalah untuk berkomunikasi secara santai. Atur komunikasi yang sedang terjadi agar menjadi lebih baik. Dengan begitu, komunikasi lisan dan non verbal akan menjadi lebih jelas.

Mulai Dengan Tersenyum

Percaya atau tidak, tersenyum bisa menjadi cara yang baik untuk meningkatkan kemampuan komunikasi non verbal. Karena, setiap orang yang tersenyum tentu memiliki arti yang baik. Jangan biarkan diri anda kehilangan rasa untuk tersenyum.
Melainkan, cobalah untuk bisa tersenyum dengan ramah pada setiap orang. Terutama, yang memang anda kenal dengan baik. Kondisi ini sangat berpengaruh terhadap kemajuan dari komunikasi non verbal anda. Setelah tersenyum, barulah anda bisa menyampaikan secara lisan. 

Itulah ulasan lengkap mengenai cara meningkat komunikasi non verbal. Tentunya, sangat mudah untuk anda lakukan bukan? Mulai sekarang, belajarlah untuk dapat berkomunikasi dengan lebih baik lagi. Jangan sampai, komunikasi yang dijalin terkesan monoton dan membosankan. Semoga bermanfaat untuk anda!