Sebagai warisan budaya, batik memiliki banyak sekali macamnya. Ketahui lebih jelasnya ada pada artikel ini.
Siapa sih yang tidak mengenal batik? Sebagai masyarakat Indonesia tentu harus mengenalnya. Batik memiliki banyak sekali macamnya. Penggunaan kain batik sudah ada sejak era dahulu. Dengan penggunaan batik ini, akan memiliki tampilan yang lebih keren. Corak dari batik sangat beragam dan perlu anda pahami lebih dalam.
Motif batik yang beragam membuat banyak orang mencari kecocokan. Memang, tidak heran setiap orang mencari motif batik tersendiri. Saat ini, sudah terdapat begitu banyak motif kain batik.  Tentunya, anda harus paham mengenai apa saja batik yang banyak diminati masyarakat. Kami akan membahas lebih jelasnya dibawah ini.

Beberapa Macam Motif Batik

Sampai sekarang ini, terdapat banyak macam dari batik yang bisa digunakan dalam semua keperluan. Ini dia macam motifnya:
batik
sumber foto:https://batik-tulis.com/blog/batik-mega-mendung/

Megamendung

Sudah cukup banyak masyarakat yang mengenal motif ini. Motif megamendung memiliki desain dengan bentuk awan yang sangat unik. Motif ini merupakan khas dari kota Cirebon. Memiliki warna yang cerah dan mencolok. Seperti warna merah, biru atau putih dan lainnya. Perpaduan warna yang terdapat pada batik ini tentu sangatlah unik.
Biasanya, untuk batik ini digunakan dalam beberapa keperluan. Seperti kain untuk pembuatan baju pernikahan atau yang lainnya. Meskipun begitu, sekarang ini sudah banyak model yang modern. Artinya, bisa digunakan dalam banyak keperluan. Termasuk, untuk digunakan dalam acara yang formal juga bisa menggunakan batik ini.

Batik Tujuh Rupa

batik
sumber:https://infobatik.id/batik-pekalongan-motif-tujuh-rupa/
Kota Pekalongan sudah sangat terkenal dengan batiknya. Termasuk, motif yang satu ini berasal dari pekalongan. Memiliki konsep tumbuhan dengan warna yang unik membuat batiknya terasa lebih unik. Kecantikannya juga sangat terasa, terutama untuk para wanita yang memang ingin menggunakan baju batik.
Corak yang dihasilkan memang sangat unik dan membuat banyak orang tertarik. Bahkan, biasanya terdapat motif hewan sebagai ciri khas dari batik ini. Bahan pakaiannya biasanya polos dengan corak yang terdapat pada motif batik tersebut. Cocok untuk digunakan oleh semua kalangan mulai dari para remaja sampai orang dewasa.

Batik Keraton

sumber:http://batikdan.blogspot.com/2015/04/batik-kraton.html
Sesuai namanya, batik ini memiliki konsep desain keraton. Sebelumnya, batik ini hanya boleh digunakan oleh lingkungan keraton saja. Namun, seiring dengan berjalannya waktu boleh digunakan oleh semua kalangan. Makna yang terdapat pada motif ini yaitu mengenai filosofi dalam menjalani kehidupan. Batik ini dulunya juga dibuat oleh para pengrajin di lingkungan keraton.
Kini, sudah banyak beredar mengenai batik keraton dipasaran. Jadi, jika anda tertarik ingin menggunakan batik ini tentu sangat bisa. Penggunaanya bukan hanya untuk keperluan formal saja, namun juga bisa dipakai untuk keperluan non formal. Jadi, cocok untuk kegiatan sehari-hari!

Batik Bali

sumber:https://thegorbalsla.com/motif-batik/motif-batik-bali/

Pulau dewata juga memiliki ciri khas dalam batiknya. Bahkan, batik yang satu ini termasuk dalam batik terpopuler setiap tahunnya. Bahkan, banyak wisatawan luar negeri yangs angat tertarik ingin menggunakan batik ini. Desain motifnya berbentuk hewan seperti rusa, burung, kura-kura dan lainnya.
Warna yang digunakan dalam batik ini juga sangat khas. Cerah, namun memiliki kontras yang tepat. Seperti penggunaan warna kuning, biru dan ungu. Tentunya, warna tersebut memang sangat cocok untuk digunakan.

Itu dia pilihan macam motif batik yang banyak dipilih oleh masyarakat. Apakah anda tertarik dengan motif diatas? Perpaduan dari warna, gambar dan makna yang ada memang sangat mendalam. Jadi, anda bisa memilih yang sesuai dengan keperluan. Semoga bermanfaat!